Syarat dan Cara Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Cara Menjadi Tukang Parkir Pesawat – Sebelum merambah ke dalam detail syarat dan langkah menjadi seorang tukang parkir pesawat, mari kita pahami terlebih dahulu pentingnya profesi ini.

Seorang tukang parkir pesawat, juga dikenal sebagai marshaller, memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengatur arah dan posisi pesawat di bandara. Dengan begitu, keselamatan dan kelancaran penerbangan dapat terjamin.

Ayo, kita telusuri bersama syarat-syarat dan langkah-langkah menuju karier sebagai tukang parkir pesawat.

Syarat-syarat untuk Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Sebelum melangkah ke tahapan menjadi tukang parkir pesawat, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi:

  1. Pendidikan: Minimal lulusan SMA atau sederajat, dan nilai tambah jika memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknik penerbangan atau sejenisnya.
  2. Kesehatan: Pastikan kamu memiliki kesehatan fisik yang prima, mengingat pekerjaan ini membutuhkan aktivitas fisik yang cukup intens dan kelincahan dalam mengatur pesawat.
  3. Keterampilan Komunikasi: Kemampuan berkomunikasi yang baik dan jelas menjadi kunci utama dalam berinteraksi dengan pilot dan personel darat lainnya.
  4. Sertifikasi dan Pelatihan: Dalam beberapa kasus, sertifikasi khusus sebagai marshaller dari lembaga terkait seperti Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dapat menjadi nilai tambah. Pastikan kamu mengikuti pelatihan khusus untuk memahami prosedur dan protokol dalam mengatur pesawat di bandara.

Gaji 13, Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Setelah memastikan kamu memenuhi syarat-syarat di atas, berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk memulai karier sebagai tukang parkir pesawat:

  1. Edukasi dan Pelatihan: Peroleh pendidikan yang sesuai dengan latar belakang profesi ini, baik melalui sekolah formal maupun pelatihan khusus yang diselenggarakan oleh lembaga terpercaya.
  2. Persiapkan Dokumen: Pastikan semua dokumen seperti ijazah, sertifikat, dan surat keterangan kesehatan dalam kondisi yang lengkap dan valid.
  3. Lamaran Pekerjaan: Cari informasi mengenai lowongan pekerjaan sebagai tukang parkir pesawat di bandara-bandara terkemuka. Kirimkan lamaran pekerjaan yang lengkap sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.
  4. Ikuti Seleksi: Ikuti proses seleksi yang meliputi tes kesehatan, tes kemampuan komunikasi, dan tes pengetahuan tentang teknik penerbangan.
  5. Pelatihan di Lapangan: Jika diterima, ikuti pelatihan di lapangan yang diselenggarakan oleh pihak bandara atau lembaga terkait. Pelajari secara mendalam mengenai prosedur dan protokol yang harus diikuti sebagai tukang parkir pesawat.
  6. Sertifikasi dan Lisensi: Setelah menyelesaikan pelatihan, dapatkan sertifikasi dan lisensi resmi sebagai tukang parkir pesawat. Selalu ikuti pelatihan lanjutan dan pembaruan sertifikasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan aturan penerbangan.

Profesi Tukang Parkir Pesawat, Mengintip Gaji yang Menarik

Kesimpulan

Menjadi tukang parkir pesawat bukanlah hal yang mudah, namun dengan persiapan yang matang dan komitmen untuk terus belajar, kamu dapat memulai karier yang menantang dan penuh prestasi di industri penerbangan.

Gabungkan keterampilan teknis, kesehatan fisik yang prima, dan kemampuan komunikasi yang baik, maka keselamatan dan kelancaran operasi penerbangan di bandara akan selalu terjaga. Sukses selalu dalam perjalanan kariermu sebagai tukang parkir pesawat!